Artikel

Semua yang perlu Anda ketahui saat menyewa mobil sewaan

young-couple-talking-sales-perso

“Biasanya Anda memerlukan SIM yang masih berlaku, paspor atau ID lain yang setara, dan kartu kredit untuk mengambil mobil Anda.”
“Biasanya Anda memerlukan SIM yang masih berlaku, paspor atau ID lain yang setara, dan kartu kredit untuk mengambil mobil Anda.”

Identifikasi dan dokumen apa yang saya perlukan?
Biasanya Anda memerlukan SIM yang masih berlaku, paspor atau ID lain yang setara, dan kartu kredit untuk mengambil mobil Anda. Anda juga memerlukan nomor konfirmasi pemesanan.​

Apakah ada biaya tersembunyi yang harus saya ketahui?

Periksa harga tambahan apa pun yang mungkin Anda perlukan sebelumnya seperti kursi booster anak-anak, pengemudi tambahan, asuransi tambahan, dan sebagainya.

Tinjau kebijakan bahan bakar sebelum mengonfirmasi pemesanan. Jika Anda bisa, pilih kebijakan “penuh ke penuh” – yaitu mengembalikan mobil penuh. Isi mobil Anda cukup jauh dari bandara untuk menghindari kenaikan harga bahan bakar di dekat bandara dan kemudian lakukan top-up terakhir sedekat mungkin dengan titik pengantaran untuk menghindari biaya pengisian bahan bakar dan simpan tanda terima dari pom bensin.​

Apa yang harus saya cari saat mengumpulkan mobil?

Perhatikan baik-baik mobil sebelum Anda berangkat dan pastikan setiap goresan dan cacat kecil ditandai pada kontrak. Jika Anda tidak menemukan yang sudah ada sebelumnya maka Anda dapat bertanggung jawab saat mengembalikan kendaraan.

Jangan lupa juga untuk mengecek interior dan mengambil beberapa foto atau video baik di dalam maupun di luar mobil dari berbagai sudut.

Sebelum Anda pergi, pastikan Anda mendapatkan formulir yang ditandatangani oleh perwakilan dari perusahaan persewaan dan lakukan hal yang sama saat Anda mengembalikan mobil. Juga, periksa apakah mobil dilengkapi dengan roda cadangan.

Ada tips sebelum berangkat?

Selalu biasakan diri Anda dengan mobil dan kontrolnya. Jika Anda mengemudi di seberang jalan maka Anda harus mencoba untuk tetap berada di rute yang sibuk selama beberapa hari pertama. Dengan mobil di depan Anda, akan lebih mudah mengingat untuk tetap berada di sisi jalan yang benar. Hati-hati di jalan yang sepi, setelah istirahat sejenak dan di pagi hari. Memasang stiker peringatan di dasbor bisa menjadi pengingat yang baik.

Berhati-hatilah terutama di bundaran dan persimpangan, dan perkirakan hal yang tidak terduga. Jaga jarak yang lebih jauh dari biasanya dari mobil di depan sehingga Anda memiliki waktu dan ruang untuk bereaksi jika perlu.

Kiat teratas: Pastikan Anda memarkir mobil sewaan Anda di tempat yang aman dan di lokasi yang cukup terang, pastikan semua barang berharga tersembunyi dari pandangan. Anda akan dikenakan biaya untuk kerusakan yang terjadi pada kendaraan meskipun Anda tidak melakukannya secara pribadi.

Posted in